PENDAHULUAN
A.
DESKRIPSI SOFTWARE 2D ANIMATION
Software 2D Animation banyak
ragamnya, mulai dari pengoperasian yang relatif sulit hingga penggunaan yang users
friendly karena keterserdiaan
fasiltas yang memudahkan. Flash merupakan software 2D animatoin yang banyak,
meskipun tingkat pengoperasian flash relatif rumit. Software 2D Animation lain
yang patut diperhatikan adalah SWISHmax. SWISHmax memiliki kemudahan-kemudahan
yang dapat menghasilkan animasi 2D dengan kompleksitas unsur baik teks, image,
grafik, maupun suara. Animasi SWiSHmax dapat diletakkan langsung dalam halaman
web, dan juga SWiSHmax dapat digunakan untuk media presentasi.
B. PRASYARAT
Kemampuan awal yang
dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah :
1)
Peserta diklat memiliki
kemampuan untuk mengoperasikan periferal untuk pembuatan grafi dengan predikat
lulus
2) Peserta
diklat memiliki kemampuan untuk mengoperasikan software pengolah gambar vector (digital
illustration) dengan predikat lulus
3) Peserta
diklat memiliki kemampuan untuk mengoperasikan software pengolah gambar raster (digital
imaging) dengan predikat lulus
4)
Peserta
diklat memiliki pengetahuan untuk melakukan entry data (grafis) dengan
menggunakan Image Scanner
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1.
Petunjuk
Bagi Siswa
Siswa
diharapkan mampu berperan aktif dan berinteraksi dengan sumber belajar yang
mendukungnya, karena itu harus diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
a. Langkah
– langkah Belajar
Agar menjadi trampil dan profesional dalam mengoperasikan
Software 2D Animation, maka Anda harus mencermati beberapa hal berikut:
1) Apa persyaratan hardware komputer telah sesuai dengan minimum
sistem hardware yang dibutuhkan ?
2) Mulailah belajar dari kegiatan belajar 1, selanjutnya
lakukan belajar secara berurutan ?
3) Seandainya peserta diklat. belum trampil benar dalam
mengikuti praktikum di setiap kegiatan belajar, konsultasikan dengan guru untuk
menambah waktu belajar
4) Jika
mengalami kesulitan untuk mengaplikan setiap sub kompetensi, mintalah bimbingan
pada guru
b. Perlengkapan
yang Harus Dipersiapkan
Minimum
sistem hardware komputer yang dibutuhkan adalah:
1)
Windows
95/98/ME/NT4/2000/Xp
2)
Pentium
II
3)
64
Mb RAM
4)
Monitor
800X600 pixel dengan 256 warna
c. Hasil
Pelatihan
Peserta
diklat akan mampu membuat animasi 2D dengan memadukan unsure teks, image,
grafis dan suara untuk mendukung pembuatan proyek software web desain atau
software multimedia interaktif.
2.
Peran
Guru
Peran
Guru dalam mengajarkan modul mengoperasikan software 2D animation antara lain:
a)
Memfasilitasi kebutuhan hardware dan software untuk
mendukung kegiatan praktik peserta diklat,
b)
Membantu siswa dalam merencanakan tahapan belajar peserta
diklat,
c)
Membimbing peserta diklat melalui tugas-tugas pelatihan
yang dijelaskan dalam tahapan
belajar,
d)
Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktik baru dan
menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa,
e)
Membantu siswa untukmenentukan dan mengakses sumber
tambahan lain yang diperlukan untuk belajar,
f)
Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok.
D.
TUJUAN AKHIR
1. Peserta diklat mampu mempersiapkan software animasi 2D (2D animation)
2. Peserta diklat mampu mengenali
menu, membuat, membuka, menyimpan file animasi 2D
3. Peserta diklat mampu melakukan
pembuatan animasi 2D sederhana
4. Peserta diklat mampu mengintegrasikan
animasi 2D ke dalam software multimedia yang lain
E. KOMPETENSI
KOMPETENSI : Mengoperasikan software animasi 2 dimensi
KODE : SWR.OPR.415.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 160 Jam @ 45 menit
LEVEL KOMPETENSI KUNCI
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
2
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
2
|
KONDISI KINERJA
|
1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan
tersedianya:
§ Software animasi 2D sudah
terinstalasiasi
§ User manual
software animasi 2D yang digunakan
§ SOP yang berlaku di
perusahaan
§ Peralatan dan
instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya:
§ DTA.OPR.102.(2).A
Melakukan Entry Data [Web] dengan
menggunakan Image Scanner (Level 2)
§ SWR.OPR.414.(1).A
Mengoperasikan Software Web
3. Pengetahuan yang dibutuhkan:
§ Pengoperasian
Komputer
§ Pengoperasian
Sistem Operasi sesuai dengan Instruction Manual
§ Objek gambar dan karakteristiknya, serta komposisi gambar dan warna
§ Free-hand drawing
§ On-site training sesuai dengan software
yang digunakan
|
SUB KOMPETENSI
|
KRITERIA KINERJA
|
LINGKUP BELAJAR
|
MATERI POKOK
PEMELAJARAN
|
||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
|||
1.
Mempersiapkan
software animasi 2D (2D
animation)
|
§ Software 2D animation telah terinstalasi dan
dapat berjalan normal
§ User manual
software 2D
animation sudah disediakan dan dipahami
§ Perangkat komputer
sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation
manual dan SOP yang berlaku.
§ Software 2D animation dijalankan.
|
§ Pengenalan software 2D animation
|
§ Mengamati proses
aktifasi sistem operasi dan software
2D animation dengan seksama
|
§ Menjelaskan fungsi software 2D animation
|
§Menyalakan komputer
sesuai dengan Installation manual
dan SOP
§Menjalankan software animasi 2D sesuai
prosedur. Contoh: CorelRetas, Macromedia Flash
|
2.
Mengenali
menu, membuat, membuka, menyimpan file animasi 2D
|
§ Objek animasi,
menu, dan interface yang disediakan
software animasi 2D beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan user
manual
§ Fitur pengelolaan
file software animasi 2D dapat
digunakan, seperti: buat/create/ new, simpan/save, buka/ open,
simpan dengan nama lain/ save as.
§ Fasilitas siap
pakai seperti wizard, libraries, atau template pada software
animasi 2D dimanfaatkan untuk pembuatan animasi 2D sederhana
§ Penyimpanan file software animasi 2D menggunakan
berbagai format yang dikenal, seperti:
|
§ Objek animasi, menu
dan interface software 2D animation
§ Fitur pengelola-an
file software 2D animation
§ Fasilitas wizard, libraries atau wizard
§ Teknik penyimpanan
file animasi 2D
|
§ Mengenali objek animasi, menu dan interface
dengan tepat
§ Mengenali fitur
pengelolaan file software 2D animation dengan tepat
§ Mencermati
fasilitas wizard/libraries/ template halaman web sederhana
§ Mengamati proses
penyim-panan file animasi 2D dengan seksama
|
§ Mengidentifikasi
objek animasi, menu dan interface software 2D animation
§ Menjelaskan tujuan
pengelolaan file software 2D animation
§ Menjelaskan manfaat
fasilitas wizard/libraries/ template halaman web sederhana
§ Menjelaskan motif penyimpanan file halaman web dengan berbagai format
|
§ Menggunakan menu
dan interface software 2D animation
secara tepat
§ Menggunakan fitur
pengelolaan file software 2D
animation sesuai tujuannya
§ Membuat animasi
sederhana dengan fasilitas wizard/libraries/ template
§ Menyimpan file
animasi dengan menggunakan format
|
3.
Melakukan
pembuatan animasi 2D
|
§
§ Objek gambar lain
seperti foto analog/digital, dapat dimanipulasi dengan meng-gunakan efek-efek
animasi 2D
|
§
§ Teknik manipulasi
objek foto menjadi animasi 2D
|
§ Mengamati
§ Mencermati proses
manipulasi objek foto menjadi animasi 2D dengan seksama
|
§ Membedakan
§ Menjelaskan tahapan
proses manipulasi objek foto menjadi animasi 2D
|
§ Membuat animasi 2D
dengan
§ Membuat animasi 2D
dengan
§ Memanipulasi objek
foto menjadi animasi 2D
|
4.
Mengintegra-sikan
animasi 2D ke dalam multimedia
|
§ Animasi 2D dapat
diintegrasikan (di-import) dan dijalankan di halaman (objek) web dengan
menggunakan software web
§ Animasi 2D dapat
diintegrasikan (di-import) dan dijalankan di halaman (objek) multimedia dengan menggunakan software multimedia
|
§ Teknik integrasi animasi 2D ke halaman web dan multi-media
|
§ Mencer-mati proses
integrasi animasi 2D ke halaman web dan multimedia dengan teliti
|
§ Menjelaskan tahapan
proses integrasi animasi 2D ke dalam halaman web dan multimedia
|
§ Mengintegrasikan
animasi 2D ke halaman web dengan tepat
§ Mengintegrasikan
animasi 2D ke halaman multimedia dengan tepat
|
F.
CEK KEMAMPUAN
Untuk
mengetahui kemampuan awal yang telah Anda miliki, maka isilah cek lis (Ö)
seperti pada table di bawah ini dengan sikap jujur dan dapat
dipertanggungjawabkan.
Sub Kompetensi
|
Pernyataan
|
Saya dapat Melakukan Pekerjaan ini dengan Kompeten
|
Bila Jawaban “Ya”
Kerjakan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
Mempersiapkan software
animasi 2D (2D animation)
|
Menjalankan software animasi 2D sesuai prosedur Swishmax
|
Tes Formatif 1
|
||
Mengenali menu, membuat, membuka,
menyimpan file animasi 2D
|
Menyimpan file animasi dengan
menggunakan format SWF,
HTML, EXE, dan AVI.
|
Tes Formatif 2
|
||
Melakukan pembuatan animasi 2D
|
Memanipulasi
objek foto menjadi animasi 2D
|
Tes Formatif 3
|
||
Mengintegrasikan animasi 2D ke dalam
multimedia
|
Mengintegrasikan
animasi 2D ke halaman web dengan tepat
|
Tes Formatif 4
|
Apabila anda menjawab TIDAK pada salah satu pernyataan di atas, maka pelajarilah modul ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar